Posted by : Freddys Champion Friday, September 1, 2017

Hai Bro! Balik lagi di blog saya nih ehehehe..
Kali ini saya mau bahas tentang cara reset / setting ulang modem Indihome / Speedy kita yang terkadang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di modem kita... heeeeeee...

Yang diperlukan untuk setting ulang kali ini:

-Username dan Password yang diberikan saat pertama kali berlangganan (contoh: 12345678910@telkom.net) dan passwordnya berupa gabungan angka dan huruf yang diberikan saat pertama kali berlangganan
-Laptop / PC
-Kabel RJ45
-Benda berdiameter kecil seperti jarum atau tusuk gigi atau peniti, hal2 yang kecil yang bisa masuk ke lobang kecil deh pokok-nya.

Apa itu Kabel RJ45? 
Nih dia:



Kabel RJ45 Ini biasanya dikasihin dari teknisi atau kita bisa minta sendiri ke dia biar suatu saat kita bisa mandi sendiri aliyas mandiri kalo mau reset wifi wkwk (Bisa juga dibeli di toko aksesoris komputer)

Fungsinya Apa Bwang?
Fungsinya nanti buat dicolokin setelah mencet tombol reset,lanjut dulu kuy ke tahap awal wkwk
Kabel ini dibutuhkan kalo kalian tidak memiliki pin dibawah modem kalian :))
banyakan wkwk2nya ya. yaudah lanjud wkwk


Yaudah kuy langsung aja ke TKP..

1. Pastikan wifi kalian dalam keadaan Menyala bukan dalam keadaan Mati.
2. Pencet tombol reset, usahakan kalian di tempat yang terang, biar menekan tombol resetnya gampang, tombol reset biasanya berada dekat dengan tombol on dan off dan ada tulisan reset. Tombol reset ada di dalam lobang kecil yang bisa di pencet dengan benda kecil yang kalian punya kayak peniti, lalu tahan sekitar 5-10 detik. (INGAT, MELAKUKANNYA JANGAN DALAM KEADAAN MATI! TAPI MENYALA!!)
3. La to the lu ,Lalu. Kalian akan melihat lampu modem kalian mati lalu nyala kembali, seperti kehilangan koneksi,dan berkedip secara tidak beraturan. Jangan panik,ini normal bin wajar.

Ada 2 cara untuk konek ke modem yang baru di reset yang akan saya jelaskan pada 4.1 & 4.2 yaitu:

4.1 Klik ke nama modem (My Speedy@1234) yang ada di menu koneksi wifi agan dari laptop agan, lalu lihat di bawah router agan, biasanya akan tertera PIN yang terdiri dari 8 Digit atau lebih yang bisa dimasukan :) Jadi kalian bisa jadi tidak memerlukan RJ45 Sebagai penghubung antar koneksi awal modem dan laptop / PC kalian.
4.2 Sambungkan kabel RJ45 Kalian, dengan menghubungkan kedua ujungnya, yang satu ke port RJ45 yang ada di laptop / PC dan yang satunya ke  port RJ45 yang ada di modem.
(Source: wiseGEEK.org)

5. Nah disini kalian bisa melihat sisi kanan bawah taskbar kalian seperti:
Kalian bisa langsung konek ke "my_speedy@1234" yang ada di menu list koneksi wifi yang tersedia di layar kamu. Lalu masukan Pin yang biasanya diminta saat awal registrasi setting ulang wifi kalian, Pin ini biasanya terdapat di masing-masing modem, kalian bisa lihat dibawahnya ada tulisan PIN yang biasanya terdapat 8 Digit, Lalu masukan. Jika tidak diminta yowes, gas ae toh lee wkwk

 Sampai tahap ini kamu sudah lumayan sukses bukan? sabar dulu, masih sedikit jauh perjalanan ini, sabar ya.. pasti puas deh kalo bisa sendiri lama-lama terbiasa hehe..

6. Buka Address: 192.168.1.1 / 192.168.1.254 di web search, lalu akan muncul masing2 tampilan wifi kalian, tergantung jenis wifi, namun tipe passwordnya sama. Kalian dapat dipastikan harus memasukan username dan passwordnya sebelum masuk ke setting dalam modem.
SEPERTI:


Ada 2 jenis setting user disini. Ada basic settings dan hard settings
Username Password (Basic):
Username: admin
Password: admin

Username Password (Hard):
Username: support
Password: theworldinyourhand

Saya sarankan untuk menggunakan username yang hard karena setting-nya lebih luas dan izin / permission-nya lebih banyak jika dibandingin basic settings..hehe.. 

7. Lalu kalian ke menu Wifi, tergantung dari modem kalian, posisinya ada dimana, silahkan dicari hehe, karena setiap jenis modem seperti HUAWEI, Zyxel, ZTE, Dll memiliki letak yang sedikit berbeda namun fungsinya sama kok hehe :D lalu kalian ganti "SSID NAME" Dengan nama Wifi kalian nanti, dan juga "SSID PASSPHRASE" yang berarti password wifi kalian. Jika sudah diganti, jangan lupa klik APPLY!. Karena wifi yang direset memiliki password bawaan dari modem yang ada di bawah modem tersebut :D Nih seperti ini contohnya:



8. Jika sudah, Kembali ke menu wifi awal, klik back, Lalu kalian bisa klik "WAN" Biasanya WAN disampingnya memiliki gambar Globe. Klik, lalu liat paling atas terdapat PVC 0-7 Merupakan PVC (Virtual Circuit) yang harus memiliki amount yang sesuai dengan modem pada umumnya. Berikut untuk VC Wilayah Jakarta dan sekitarnya:

PVC 0
=====================================

PVC 1
=====================================

PVC 2
=====================================

PVC 3
=====================================

PVC 4
=====================================

PVC 5
=====================================

PVC 6
=====================================

PVC 7
=====================================




Lalu jika sudah, scroll kebawah sedikit saja. Bisa dilihat ada menu dimana kalian bisa set Username Speedy dan Password Speedy kalian (User Telkom), terlihat masih dalam bentuk default seperti: acs.acs@telkom.net, Nah, disini saatnya kita paste username (nomor telkom) kita ke tempat tersebut, ke tempat yang saya sensor. contoh Username: 0123456789@telkom.net . Tergantung dari kode agan dan juga password yang agan punya waktu awal registrasi Wifi agan :D


INGATT!!! KALO ADA 
SETTINGAN PVC YANG BERBEDA KHUSUS AGAN2 YANG BERDOMISILI DI JAKARTA DAN SEKITARNYA, BISA DI SESUAIKAN.... UNTUK YANG DILUAR JAKARTA NANTI AKAN SAYA UPDATE VIRTUAL CIRCUIT YANG SESUAI DENGAN DAERAH LUAR JAKARTA :)

Untuk yang diluar Jakarta, saya tidak menyarankan untuk mengubah Port Virtual Circuit (PVC) Seperti gambar yang tertera diatas :) karena setiap daerah memiliki port yang berbeda.
JIKA KALIAN SUDAH MELAKUKAN STEP DIATAS, JANGAN LUPA KLIK "APPLY".


9. Kalian bisa klik back, untuk menuju ke menu 'Security' dan klik. Untuk kalian tentu tidak menginginkan RIP Connection / RTO Karena serangan dari beberapa orang iseng ya kan? hehe,tenang mungkin salah satu feature dari PT. TelkomIndonesia ini berguna buat kalian yang mempunyai teman atau orang yang tidak suka dengan kalian, haduh udah udah jangan nethink, pokoknya intinya fitur ini harus di klik, Lalu set "Firewall - High" dan "Attack Protect - Enable"

Lalu agan klik 'apply' untuk menerapkan ke modem agan :)

10. Enjoy! Sekarang modem agan sudah tersetting seperti teknisi yang datang ke rumah modem agan! Jangan sungkan untuk bertanya ya gan jika ada kesulitan  :) Terimakasih telah berkunjung!

{ 35 komentar... read them below or Comment }

  1. Mas apakah bisa reset 2 kali mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas :) Reset 1000x juga bisa asal jangan keseringan. Kalo terlalu sering reset ya ngerinya error aja gitu. Tapi saya udah ratusan kali sih dari 2017 reset aman2 saja :

      Delete
    2. Mas kalo username sama passwordnya keganti gk bisa internetankah

      Delete
    3. Gmna cara melihat sandi yang lupa?

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kalo ssid yg di enable cara balikin nya lagi gimana ya? Soalnya mau konek lagi gabisa, pake kabel routernya juga tetep gabisa masuk. Mohon pencerahan:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kabel RJ45 / diskonek saja dari modemnya + hard reset lagi mas.

      Delete
  5. Gan ku punya masalah habis saya tekan reset ..wifiku tanda seru..
    Ku pakai ZTE..gmna langkah awal membenahi??tolong gan yg detail penjelasanx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatas sudah jelas penjelasannya, baca step baik2 makanya sebelum melakukan. Yang dibutuhkan itu Pin / Kabel RJ45 . kalau tidak ada jangan di reset.

      Delete
  6. saya sudah reset dan pake ping di bawah router tapi kok pinnya salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bener mas, coba tanyakan ke Teknisi yang memasang modem / hubungi teknisi yang bisa membantu kalau tidak bisa untuk meminta pin aslinya + ganti modem barunya

      Delete
  7. Mau tanya mas.. setelah reset kok wifi saya tidak trhubung ya.. apa harus nunggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, karena tidak terhubung, liat step diatas, bagian pin, itu fungsi pin, biar mas bisa konek ke modemnya.

      Delete
  8. Kalau wan nya hilang gimna cara balikan nya

    ReplyDelete
  9. Abis saya reset kok jadi g ada internet akses? Solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
  10. Aq reset tapi gak pake laptop Aq reset terus Aq masukin password yg ada di Twitter. Masuk emang tapi GK bisa buka internet

    ReplyDelete
  11. Mas dikantor Saya baru ganti modem indihome tapi kenapa ya sejak ganti modemnya yang pakai wifi tidak bisa sharing folder. padahal sebelum ganti modem baik baik saja. apakah ada settingan khusus di modem indihomenya ya ?..

    ReplyDelete
  12. Bang saya dari luar jakarta
    Boleh mintol gak? Criin PVC buat daerah sy?
    Daerah saya kab.banggai laut sulawesi tengah

    ReplyDelete
  13. Gan ane abis hard reset , terus kabel rj45 ane sambubgin dri router ke laptop , tapi internet kok gk ke acces ya ? Tapi bisa login ke web indihomenya , cuman gk bisa akses internet kya youtube atau yg lainnya , di hp juga sama gak bisa akses ke yt tpi bisa akses keweb indihomenya , ane cuma ngubah settingan nama ssid sama passwordnya . Teria asih mohon solusinya

    ReplyDelete
  14. Mas mau tanya, ini saya habis hard reset wifi indihome kok g muncul wifi nya ya ? Kenapa tuh

    ReplyDelete
  15. Mas mau tanya, ini saya habis hard reset wifi indihome kok g muncul wifi nya ya ? Kenapa tuh

    ReplyDelete
  16. Terima kasih infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  17. Gan klo lupa password speedy gmn ?

    ReplyDelete
  18. Mas mau nanya, itu gimana maksudnya? Klok udah pake kabel lan nya itu dia gak minta password wifi nya lagi gitu ? Soalnya kan habis saya reset, nama wifinya berubah jadi My Speedy@c3f8 dan gatau pass nya apa,

    ReplyDelete
  19. Mas mau nanya ini wifiku tak reset ya trus balik kan ke awal ssid dan pw nya, lalu aku ganti nama wifi dan pw nya , trus aku restart, setelah itu terhubung tp internetnya ndak bisa. Nah itu knp ya ?

    ReplyDelete
  20. Mas mau nanya ini wifiku tak reset ya trus balik kan ke awal ssid dan pw nya, lalu aku ganti nama wifi dan pw nya , trus aku restart, setelah itu terhubung tp internetnya ndak bisa. Nah itu knp ya ?

    ReplyDelete
  21. Mas mau nanya ini wifiku tak reset ya trus balik kan ke awal ssid dan pw nya, lalu aku ganti nama wifi dan pw nya , trus aku restart, setelah itu terhubung tp internetnya ndak bisa. Nah itu knp ya ?

    ReplyDelete
  22. Modem saya mereknya alcatel lucent,saya reset ssidnya gk berubah.passwordnya saya masukan selalu otentifikasi.mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  23. Malam mas, saya ada melakukan kesalahan nih, masuk ke settingan router wifi,, trus SSID nya sana disable semua.. cara enable lagi gimana yah ??? soalnya uda ga bisa lagi connect ke 192.168.1.1 nya..
    mohon pencerahannya :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sama seperti saya, saya lupa apa nama wifi nya jd gak bisa connect lagi

      Delete
  24. yeeeee makasih banget tutorialnya bantu banget...Asli aq jadi tau caranya...

    ReplyDelete

- Copyright © Place to share Cryptocurrency & Technology thing. - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Maroz Praz -